URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
KEJARLAH ILMU AGAMA SETINGGI LANGIT 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/1/2024]
   
SHALAT SUNNAH & BACA ALQURAN DI RUMAH 
  Penulis: Pejuang Islam  [16/1/2024]
   
HADIAH TERBAIK ADALAH NASEHAT 
  Penulis: Pejuang Islam  [11/1/2024]
   
PARA PENYAMPAI HADITS NABI 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/1/2024]
   
PENASIHAT ITU DIPERCAYA 
  Penulis: Pejuang Islam  [31/12/2023]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Jumat, 19 April 2024
Pukul:  
Online Sekarang: 1 users
Total Hari Ini: 35 users
Total Pengunjung: 5863501 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - KARYA ILMIAH USTADZ LUTHFI BASHORI
 
 
SIFAT NEGATIF PENAKUT 
Penulis: Pejuang Islam [ 9/4/2012 ]
 
SIFAT NEGATIF PENAKUT

Luthfi Bashori

Termasuk salah satu sifat negatif  yang sering terjadi pada diri seseorang adalah sifat penakut. Yang dimaksud dengan sifat penakut, bukanlah takut terhadap sejenis hantu yang sering menjadi ikon bagi seseorang yang dianggap pemberani atau penakut. Seperti dikatakan,  pemberani adalah orang yang tidak takut terhadap hantu, sedangkan penakut adalah orang yang lari terbirit-birit saat menghadapi hantu.

Namun, dalam pembahasan ini, tema penakut yang dinilai negatif adalah yang berkaitan dengan sebuah perilaku seseorang  dalam beragama dan bermasyarakat. Maka para penakut adalah mereka yang tidak berani mengamalkan nahi munkar di saat umat Islam sangat membutuhkan ketegasannya.

Seorang tokoh, terkadang justru merasa takut menunjukkan sebuah kebenaran, karena mempertimbangkan dampak untung rugi bagi dirinya sendiri, tentunya jika akan mengungkap sebuah kebenaran yang ternyata menanggung resiko baginya. Maka sifat yang demikian itu termasuk penakut yang sangat negatif.

Menjadi seorang muslim yang kuat dan berani adalah anjuran Nabi SAW dalam sabda beliau: Almukminul qawi khairun min al muknminid dhaif (seorang muslim yang kuat itu adalah lebih utama dibanding seorang muslim yang lemah).

Kuat dalam segala hal adalah sifat yang sangat positif, contohnya memiliki badan yang sehat, ekonomi yang kuat, jiwa yang berani, kepribadian yang tegar dan lain sebagainya. Sebaliknya lemah dalam segala hal adalah sifat yang negatif, seperti mempunyai badan yang terbelit penyakit, ekonomi yang serba kekurangan, jiwa yang penakut, dan kepribadian labil yang tidak memiliki prinsip hidup.

Nabi SAW juga menggambarkan, bahwa di suatu jaman akan datang masanya umat Islam itu menjadi warga mayoritas, namun lemah dalam kepribadiannya, hingga Nabi SAW menggambarkan, keberadaan umat Islam saat itu hanyalah ibarat ghutsaa-un kaghutsaa-is sail (ibarat buihnya ombak), yang selalu hanyut oleh perubahan jaman.

Nabi SAW juga menggambarkan bahwa konon agama Islam ini saat pertama kali datang di tengah masyarakat, termasuk ajaran agama yang asing di telinga dan bahkan terasingkan, dan suatu saat akan terjadi pula bahwa ajaran agama Islam ini menjadi asing di tengah masyarakat dan terasingkan. Sekalipun di saat itu identitas mereka tetap beragama Islam, namun hakikat jiwa meraka sudah jauh dari ajaran Islam itu sendiri.

Jika datang masa semacam itu, Nabi SAW menganjurkan agar umat Islam yang baik dan kuat, tetap memegang prinsip hidup mengikuti ajaran syariat Islam dengan baik dan benar, sekalipun akan diasingkan oleh lingkungannya.

Nah, sifat penakut untuk menjadi warga muslim hakiki yang tetap berprinsip syariat Islam dalam menjalani kehidupan, kini sudah banyak melanda umat Islam di Indonesia ini. Kehidupan umat Islam pun semakin jauh dari aturan main syariat, bahkan kini perilaku umat Islam lebih cenderung mengikuti arus perubahan jaman. Tampaknya telah datang jaman seperti yang digambarkan oleh Nabi SAW.

Coba tengok satu masalah saja, bagaimana pelaksanaan acara semacam Indonesian Idol, yang sangat digandrungi oleh para remaja muslim, dan mendapatkan motivasi dan dukungan dari keluarga dan pengidola para pesertanya. Di saat seleksi saja sudah ribuan yang datang berbondong-bondong untuk mencoba peruntungannya. Jauh berbeda dengan minat mereka terhadap kegiatan keagamaan.

Padahal jelas-jelas tampilnya seseorang dalam dunia semacam Indonesian Idol ini adalah perbuatan bid`ah dhalalah (sesat) yang bertentangan dengan ajaran syariat Islam. Padahal tidak selayaknya umat Islam tergiur untuk menjadi idola yang populer dalam dunia yang tidak diajarkan oleh syariat Islam.


   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
 
Kembali Ke atas | Kembali Ke Index Karya Ilmiah
 
 
 
  Situs © 2009-2024 Oleh Pejuang Islam