URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
KEJARLAH ILMU AGAMA SETINGGI LANGIT 
  Penulis: Pejuang Islam  [18/1/2024]
   
SHALAT SUNNAH & BACA ALQURAN DI RUMAH 
  Penulis: Pejuang Islam  [16/1/2024]
   
HADIAH TERBAIK ADALAH NASEHAT 
  Penulis: Pejuang Islam  [11/1/2024]
   
PARA PENYAMPAI HADITS NABI 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/1/2024]
   
PENASIHAT ITU DIPERCAYA 
  Penulis: Pejuang Islam  [31/12/2023]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Kamis, 18 April 2024
Pukul:  
Online Sekarang: 1 users
Total Hari Ini: 6 users
Total Pengunjung: 5863238 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - KARYA ILMIAH USTADZ LUTHFI BASHORI
 
 
BACA AYAT ALQURAN DI MAKAM PEKUBURAN BUKAN BID`AH (SESAT) 
Penulis: Pejuang Islam [ 15/3/2012 ]
 
BACA AYAT ALQURAN DI MAKAM PEKUBURAN BUKAN BID`AH (SESAT)

Luthfi Bashori

Termasuk perkara yang sering diperdebatkan oleh sebagian kalangan, adalah hukum membaca ayat-ayat Alquran di makam pekuburan. Perdebatan ini terkadang sampai pada batas permusuhan dan pemutusan silatur rahim antar umat Islam, hanya gara-gara salah persepsi yang satu terhadap kelompok lainnya.

Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa pembacaan ayat-ayat Alquran di makam pekuburan itu hukumnya haram, bahkan ada yang menvonis sebagai amalan bid`ah dhalalah (sesat). Namun sudah selayaknya umat Islam merujuk ulang pendapat para ulama salaf yang hidup di jaman keemasan Islam. Karena mereka itu adalah kaum shalihin yang jauh lebih mengerti ajaran agama Islam dibanding para pemuka Islam di akhir jaman ini.

Syeikh Ibnul Qayyim mengatakan : Diriwayatkan dari sebagian jamaah para ulama, bahwa mereka berwasiat agar (jika wafat) dibacakan ayat-ayat Alquran di atas kuburan mereka saat dimakamkan.

Syeikh Abdulhaq Al-asybily berkata : Diriwayatkan dari Sayyidina Abdullah bin Umar bin Khatthab, beliau berwasiat meminta agar (jika wafat) dibacakan surat Albaqarah di atas kuburannya.

Konon Imam Ahmad bin Hanbal pernah mengingkari pembacaan Alquran di atas kuburan sebelum mendapakan riwayat atsar yang mempebolehkannya, lantas beliau rujuk (meralatnya) setelah mendengar banyaknya riwayat yang memperbolehkan. 

Dalam kitab Syarhus shudur disebutkan bahwa Alhafidz Jalaluddin Assuyuthi meriwayatkan dari Imam Albaihaqi dan Imam Atthabarni, dari Sayyidina Abdullah bin Umar bi Khatthab, dari Nabi SAW beliau bersabda: Jika wafat salah seorang di antara kalian, maka janganlah ditunda-tunda dan percepatlah pemakamannya, lantas hendaklah dibacakan di atas kuburan bagian kepalanya surat Alfatihah. (lafadz ini mengikuti riwayat Imam Atthabarani), sedangkan dalam riwayat Imam Albaihaqi Nabi SAW bersabda: Lantas hendaklah dibacakan di atas kuburan bagian kepalanya pembukaan surat Albaqarah, dan di atas kuburan bagian kakinya penutupan surat Albaqarah. (Syarhus shudur, hal 401).

Imam Alkhalal meriwayatkan dari Alhasan bin Ahmad Alwarraq, beliau meriwayatkan dari Ali bin Musa Alhaddad perawi terpercaya, beliau mengatakan : Konon aku bersama Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam Muhammad bin Qudamah Aljauhari menghadiri pemakaman seorang janazah, di saat usai pemakaman itu, lantas duduklah seorang buta di atas kuburan tersebut dan membaca Alquran.

IMAM AHMAD BIN HANBAL: Wahai orang ini, ketahuilah bahwa baca Alquran di atas kuburan itu bid`ah.

Tatkala kami keluar dari makam pekuburan, berkatalah Imam Muhammad bin Qudamah kepada Imam Ahmad bin Hanbal:

IMAM MUHAMMAD BIN QUDAMAH : Wahai Abu Abdillah (julukan Imam Ahamad), apa pendapatmu tentang figur Imam Mubassyir Alhalabi ?

IMAM AHMAD BIN HANBAL: Tsiqat (terpercaya).

IMAM MUHAMMAD BIN QUDAMAH : Apakan engkau meriwayatkan sesuatu darinya ?

IMAM AHMAD BIN HANBAL : Ya.

IMAM MUHAMMAD BIN QUDAMAH : Sungguh Imam Mubassyir Alhalabi menceritakan kepadaku, dari Abdurrahman bin Al-alak bin Allajlaj, dari ayahnya, bahwa ayahnya itu berwasiat : Jika beliau dimakamkan, maka hendaklah dibacakan di atas kuburan bagian kepalanya permulaan dan penutupan surat Albaqarah, karena beliau mendengarkan Sayyidina Abdullah bin Umar bin Khatthab berwasiat seperti itu.

IMAM AHMAD BIN HANBAL : Kalau demikian, kembalilah kepada lelaki (buta) itu dan katakan agar dia meneruskan bacaannya.

Dalam kitab Syarhus sudur karangan Imam Suyuthi juga terdapat pasal yang berjudul : Tidak mengapa seseorang membaca Alquran di atas makam pekuburan. Telah diriwayatkan dari Imam Ahmad bin Hanbal, beliau berkata : Jika kalian masuk makam pekuburan, maka bacakanlah ayat Kursi, dan surat Qul huwallahu ahad (Al-ikhlas) sebanyak tiga kali, lantas katakan : Allahumma inna fadhlahu li ahlil maqaabir (Ya Allah, dikirimkan pahalanya ini untuk penduduk makam pekuburan). (Syarhus sudur 312).

Berkata Alhasan bin Asshabah Azza`farani : Aku bertanya kepada Imam Syafi`i tentang bacaan Alquran di atas makam pekuburan? Beliau menjawab: Tidak mengapa.  (Syarhus sudur, hal 134).

Secuplik bukti amalan dan fatwa para ulama salaf tersebut di atas, sudah cukup mewakili banyaknya dalil yang mengatakan bahwa membaca Alquran di tanah makam pekuburan, bukanlah perbuatan bid`ah dhalalah, tetapi termasuk ajaran agama Islam yang disunnahkan.

   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
1.
Pengirim: abumukima  - Kota: lhokseumawe,aceh
Tanggal: 21/3/2012
 
bagaimana juga dengan pengertian hadis yang melarang duduk diatas kuburan






 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Ya mudah saja, saat membaca Alquran itu akhi jangan duduk `tepat` di atas kuburan, karena yang dilarang itu duduk di atas kuburan, jadi akhi cukup duduk di samping kuburan, lantas membaca Alquran.

2.
Pengirim: wilson  - Kota: los banos
Tanggal: 31/3/2012
 
gue masih bingung, mendingin habis sholat fardlu lebih afdol mendoakan orang tua dan mereka yang mukminin/nat,mulimin/at yang sudah meninggal. 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Gak usah bingung, mau baca doa dan baca Alquran untuk orang tuanya yang masih hidup, atau yang sudah meninggal itu di masjid/mushalla atau di rumah atau datang di kuburan, sama-sama boleh dan sama-sama pernah dilakukan oleh para ulama salaf, yang berdasarkan syariat yang benar. Jadi yang terpenting, amalan itu bukanlah perbuatan bid`ah sesat, seperti persepsi yang dilontarkan oleh kaum Wahhabi.

3.
Pengirim: Abdullah  - Kota: Padangsidimpuan
Tanggal: 8/4/2012
 
Assalamualaikum Ustadz.
1. Bagaimana kalau yang di baca Surah Yasin,Di kampung saya orang lebih sering Yasin-an dibanding Al-Baqarah.
2. Wirid Yasin malam jumat? 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
1. Sama bolehnya. Tapi yang lebih afdhal adalah baca Yasin.
2. MauYasinan malam Jumat, malam Sabtu, malam Ahad. dst. Hukumnya boleh-boleh saja, mana yang sempat. Tapi lebih afdhal malam Jumat.
3. Segera dengarkan ceramah kami di MP3, pada judul : Bid`ah, untuk menambah wawasan bab ini.

4.
Pengirim: sobar rukmana  - Kota: bogor
Tanggal: 9/2/2013
 
Assalamu'alaikum?
 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Wa 'alaikum salam Wr Wb. Selamat datang di Situs Pejuang Islam NU Garis Lurus.

5.
Pengirim: yus shofi  - Kota: blitar
Tanggal: 17/2/2013
 
sukron ustadz.... 
[Pejuang Islam Menanggapi]
BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIM
Mudah-mudahan bermanfaat,

 
 
Kembali Ke atas | Kembali Ke Index Karya Ilmiah
 
 
 
  Situs © 2009-2024 Oleh Pejuang Islam