URL: www.pejuangislam.com
Email: editor@pejuangislam.com
 
Halaman Depan >>
 
 
Pengasuh Ribath Almurtadla Al-islami
Ustadz H. Luthfi Bashori
 Lihat Biografi
 Profil Pejuang Kaya Ide
 Imam Abad 21
 Info Asshofwah
Karya Tulis Pejuang


 
Ribath Almurtadla
Al-islami
 Pengasuh Ribath
 Amunisi Dari Tumapel
 Aktifitas Pengasuh
 Perjuangan Pengasuh
 Kalender Ribath
Pesantren Ilmu al-Quran (PIQ)
 Sekilas Profil
 Program Pendidikan
 Pelayanan Masyarakat
 Struktur Organisasi
 Pengasuh PIQ
 
Navigasi Web
Karya Tulis Santri
MP3 Ceramah
Bingkai Aktifitas
Galeri Sastra
Curhat Pengunjung
Media Global
Link Website
TV ONLINE
Kontak Kami
 
 
 Arsip Teriakan Pejuang
 
BAHAYA RIBA, HUTANG BERBUNGA 
  Penulis: Pejuang Islam  [12/2/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [10/2/2019]
   
HARAM JUAL ASET YANG BUKAN MILIK SENDIRI 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/2/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis: Pejuang Islam  [8/2/2019]
   
DAKWAH YOUTUBE 
  Penulis:  [8/2/2019]
   
 
 Book Collection
 (Klik: Karya Tulis Pejuang)
Pengarang: H. Luthfi B dan Sy. Almaliki
Musuh Besar Umat Islam
Konsep NU dan Krisis Penegakan Syariat
Dialog Tokoh-tokoh Islam
Carut Marut Wajah Kota Santri
Tanggapan Ilmiah Liberalisme
Islam vs Syiah
Paham-paham Yang Harus Diluruskan
Doa Bersama, Bahayakah?
 
 WEB STATISTIK
 
Hari ini: Selasa, 19 Februari 2019
Pukul:  
Online Sekarang: 7 users
Total Hari Ini: 575 users
Total Pengunjung: 4281879 users
 
 
Untitled Document
 PEJUANG ISLAM - MEDIA GLOBAL
 
 
Jenis Roti Paling Ramah Gula Darah 
Penulis: https://www.guesehat.com [10/2/2019]
 
Jenis Roti Paling Ramah Gula Darah


Roti selalu tricky. Roti selain mudah didapatkan, rasanya pun enak karena memiliki variasi topping atau isi yang sangat bervariasi. Sayangnya, roti adalah karbohidrat yang akan berdampak langsung pada kenaikan gula darah. 

Kabar baik bagi penderita diabetes, tidak semua roti akan menaikkan gula darah. Ada jenis roti yang meskipun menaikkan kadar gula darah, namun tidak dalam waktu singkat atau cepat. Roti jenis ini aman dikonsumsi penderita diabetes untuk sarapan atau camilan. Nah roti apa yang dimaksud? Simak yuk!


Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Memilih Jenis Roti

Ketika memilih roti yang sehat, umumnya orang akan memilih yang berlabel “rendah karbohidrat” atau “bebas gluten”. Roti jenis ini memang sehat, tetapi sebenarnya bukan yang terbaik untuk penderita diabetes. Label “gluten free” tidak lantas membuatnya bebas kalori atau karbohidrat. Justru ketika glutennya dihilangkan, roti akan semakin padat sehingga kalori serta karbohidratnya lebih tinggi.

Kesalahan lainnya adalah roti multigrain, atau roti yang terbuat dari aneka biji-bijian. Terlihat sehat ya? Tetapi sebenarnya kandungan masing-masing biji-bijian dalam satu roti hanya sekitar 1% saja. Proses pembuatannya juga umumnya panjang sehingga merusak kadar serat dan gizinya. Roti jenis ini sebaiknya tidak dipilih penderita diabetes.

Roti yang sudah diperkaya atau ada berlabel “enriched” juga sebaiknya tidak menjadi pilihan. Roti yang diperkaya ini biasanya adalah roti refinasi di mana semua lapisan pada kulit biji gandum sudah dibuang. Padahal di situlah kandungan serat dan gizi terbaiknya berada.

Bagaimana dengan roti yang berwarna coklat? Meskipun sering dikatakan roti coklat lebih baik daripada roti putih, tetapi warna coklat pada roti bisa saja merupakan hasil pewarna. Maka penting sekali membaca label makanan tentang bahan pembuat roti.


Lantas Roti Jenis Apa yang Terbaik untuk Penderita Diabetes?

Roti yang masih aman dikonsumsi penderita diabetes adalah roti yang tinggi kandungan serat untuk membantu menurunkan gula darah. Kriteria ini terpenuhi oleh roti yang terbuat dari gandum utuh dan tidak diperkaya atau direfinasi. Pilihlah roti yang 100% terbuat dari gandum utuh.

Tetapi rasa roti gandum utuh ini tidak enak Gengs! Maka Diabestfriend bisa menambahkannya dengan pemanis buatan yang aman. Selain kaya serat, roti jenis ini juga membuat Kamu cepat kenyang sehingga cocok untuk yang tengah diet menurunkan berat badan dan penderita diabetes.

Pilihan roti sehat lain adalah roti dari adonan asam atau sourdough. Roti ini memiliki indeks glikemik rendah dibandingkan roti jenis lain karena kandungan asam laktat dari proses fermentasi. Penelitian kecil di Swedia menemukan roti asam laktat ini bisa menurukan gula darah 27% lebih rendah dibandingkan makan roti gandum utuh dan roti putih.

Selalu ada yang terbaik di antara yang baik. Roti paling disarankan untuk penderita diabetes adalah roti dari biji-bijian bertunas atau sprouted grain. Roti ini sama sekali tidak mengandung tepung dan dibuat dari fermentasi biji-bijian utuh. Saat proses menjadi kecambah, tepung pada biji-bijian menjadi mudah dicerna. Roti ini rendah karbohidrat, tinggi protein dan serat, yang langsung berdampak baik pada kadar gula darah. Roti dari biji-bijian bertunas juga kaya akan zat gizi mikro seperti folat, zat besi, zinc dan magnesium. Roti jenis ini biasanya dijual dengan nama roti Yehezkiel.


Tetap Kendalikan Porsi

Untuk mengontrol gula darah, disarankan agar wanita penderita diabetes hanya mengonsumsi sekitar 30-45 gram dari total karbohidrat sekali makan, dan pria 45-60 gram. Untuk camilan, total karbohidrat tidak lebih dari 15-20 gram. Angka ini sudah terpenuhi dengan 2 iris roti seberat 15 gram. Bisa ditambah protein, sayuran dan buah kecil. Maka jumlahnya menjadi 45 gram.

Selain itu perhatikan indeks glikemik. Indeks glikemik adalah seberapa cepat makanan menaikkan gula darah. Semakin rendah angkanya, semakin baik bagi penderita diabetes. Sebenarnya selain porsi dan jenis makanan, beban glikemik ini lebih penting, yaitu bagaimana seluruh makanan ini akan memengaruhi tubuh kita.
Jadi tips makan roti yang aman bagi penderita diabetes adalah dengan hanya menambahkan makanan berserat tinggi, seperti sayuran, protein seperti ayam, lemak baik seperti kacang atau alpukat ke dalam roti. Ini akan dapat membantu meminimalkan lonjakan gula darah dan sudah memberikan Diabestfriend gizi yang lengkap.



https://www.guesehat.com
   
 Isikan Komentar Anda
   
Nama 
Email 
Kota 
Pesan/Komentar 
 
 
 
 
Kembali Ke Index Berita
 
 
  Situs © 2009-2019 Oleh Pejuang Islam